Manaj. Layanan Sistem Informasi
“Menganalisa
Pelayanan Publik milik Pemerintah terkait Manajemen Layanan Sistem Informasi”
Dosen
: DINA AGUSTEN
Disusun
Oleh : Tantri Muntia Khasanah
NPM
: 15117887
Kelas
: 2KA24
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2018/2019
SISTEM INFORMASI
BAB
I
PENDAHULUAN
Kewajiban
Pemerintah adalah memberikan pelayanan publik yang menjadi hak setiap warga
negara ataupun memberikan pelayanan kepada warganegara yang memenuhi
kewajibannya terhadap Negara. ITSM (Information Technology System Managament)
merupakan konsep manajemen yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada
pelanggan atau pengguna dengan menggunakan layanan teknologi informasi.
Pastinya pemerintah telah mengimplementasikan atau menerapkan ITSM untuk
melayani masyarakatnya. Pada artikel ini, penulis ini akan menganalisa pelayanan
public milik pemerintah terkait manajemen penggunaan layanan system informasi.
BAB
II
PEMBAHASAN
Kali ini, saya akan membahas
pelayanan publik dari pemerintah Bandung yang tersedia pada website https://bandung.go.id/
. Pada webiste tersebut terdapat beberapa pilihan pada beranda yang
masing-masing memiliki informasi yang berbeda pada setiap pilihannya.
Pilihan ”Layanan Publik”, memiliki
informasi tentang pelayanan terhadap publik atau warga di kota Bandung.
Pilihan “Perijinan” pada Layanan Publik
berisi informasi beberapa izin yang dimiliki kota Bandung, diantaranya ada izin
bongkar muat, izin lingkungan, izin gangguan, dan sebagainya.
Pilihan “Administrasi
Kependudukan”, berisi informasi jumlah
kepemilikan administrasi pada setiap penduduk kota Bandung.
Lalu “Pengaduan Masyarakat”, layanan
yang berisi beberapa laporan warga bandung tentang sesuatu kejadian.
Pilihan “Pengadaan Barang dan Jasa”,
pengadaan barang dan jasa meliputi 2 pilihan yaitu Pengadaan Lelang dan Non
Lelang
Untuk pilihan Pengadaan Lelang berisi
daftar lelang LPSE yang terdaftar berdasarkan tahun, agensi, dan alamatnya
Sedangkan untuk pilihan Pengadaan Non
Lelang berisi daftar realisisasi anggaran di kota Bandung yang terdaftar dalam
nama, SKPD, harga, perusahaan, alamat perusahaan dan tahunnya.
Pilihan “Pengujian Kendaraan Bermotor”,
berisi informasi atau pengumuman untuk pengujian kendaraan bermotor.
Pilihan “Tata Cara Permohonan
Informasi”, menyediakan bagian website untuk membuat permohonan informasi yang
berkaitan dengan kota Bandung.
Pilihan “Informasi Publik”, berisi
daftar informasi secara berkala. Contohnya, informasi untuk laporan bulan
desember pada tahun 2016 dan pada bagian daftar informasi juga berisi file
berupa format pdf yang bisa didownload untuk melihatnya secara jelas.
Terakhir pilihan “Bursa Kerja” pada
beranda untuk Layanan Publik, pemerintah Bandung pun juga menyediakan layanan
aplikasi bursa kerja untuk warganya yang ingin mencari pekerjaan. Pada bagian
bursa kerja ini berisi info lowongan pekerjaan terbaru seperti, dibutuhkannya
admin kitchen dan sales tokopedia yang tersedia secara online.
BAB
III
KESIMPULAN
Pemerintah
kota Bandung sudah menyediakan layanan informasi publik yang sangat lengkap dan
terstruktur. Pada website kota Bandung, masyarakat dapat mencari informasi
dengan mudah karena informasi di website tersebut sudah diorganisasikan sejelas
mungkin. Masyarakat hanya tinggal memilih informasi apa yang diingkan terkait
kota Bandung, terutama pada Layanan Publik nya. Menurut saya pemerintah kota
Bandung sudah bagus menyediakan layanan tersebut sehingga masyaraka dapat
dengan mudah mencari informasi.
Referensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar